Sabtu, 10 November 2012

Manajemen Waktu dan Resiko



Tabel Manajemen Waktu

Tabel diatas merupakan tabel jadwal kegiatan saya sehari- hari yang saya lakukan selama 3 minggu dari tanggal 8 Oktober hingga 28 Oktober.. Rutinitas hari senin dimulai dari berangkat kuliah, setelah sampai kampus saya memasuki mata kuliah Matematika Informatika pada jam ke 3 sampai jam ke 4 (bisa dilihat pada tabel keterangan waktu). Kemudian langsung dilanjutkan dengan mata kuliah Ajabar Linier pada jam ke 5 sampai jam ke 6. Setelah menjalani aktivitas kuliah kemudian saya langsung pulang untuk melakukan rutinitas selanjutnya. Ketika sampai dirumah melakukan ibadaha sholat dan makan dan selanjutnya melakukan tidur siang pada jam ke 7 sampai jam ke 9 untuk mengistirahatkan pada dari aktifitas kuliah. Pada malam harinya dari jam ke 12 hingga jam ke 14 saya mengerjakan beberapa tugas kuliah yang dijadikan pekerjaan rumah(PR).
Selanjutnya pada rutinitas hari Selasa dimulai dengan aktivitas kuliah mata kuliah Manajemen Proyek & Manajemen Resiko pada jam ke 1 hingga jam ke 2, lalu diteruskan oleh mata kuliah Pendidikan Agama Islam pada jam ke 3 hingga jam ke 4. Setelah itu istirahat senjenak pada jam ke 5 untuk mengisi perut dan dilanjutkan kembali oleh mata kuliah Rangkaian Listrik & System Linier pada jam ke 6 sampai jam ke 7 . Setelah melakukan rutinitas kuliah pada hari selasa, biasanya saya langsung menuju Sekretariat Himpunan  Mahasiswa Teknik Komputer atau yang sering saya sebut (base HMTK) untuk melepas kepenatan setelah melakukan rutinitas kuliah yang cukup menguras otak. Sering juga jika berada di base HMTK saya dan kawan- kawan mengerjakan tugas proyek praktikum ELEKTRONIKA 1 dan SISTEM DIGITAL bersama-sama agar lebih memudahkan dalam menjawab atau mengerjakan apa yang ada pada modul, dan kami pun juga selalu dibimbing oleh saudara Derrys selaku mantan ketua HMTK periode tahun lalu. Dan pada jam ke 11 sampai jam ke 13 saya melakukan aktifitas pratikum SISTEM DIGITAL
Pada hari rabu ini saya kembali melakukan rutinitas kuliah di kampus J4(Kemang) yyang dimulai pada jam ke 5 sampai jam ke 7 yaitu  mata kuliah Rangkaian Digital. Setelah melaksanakan rutinitas kuliah biasanya saya langsung menuju rumah untuk beristirahat dan juga mengerjakan beberapa tugas kuliah.
Selanjutnya pada hari kamis saya memulai melakukan aktifitas dari bangun tidur, biasanya setelah mandi dan sarapan pagi saya menyalakan laptop guna membuka beberapa website social media saya agar saya tidak ketinggalan informasi-informasi terbaru. Lalu saya memulai perkuliahan yang dimulai pada jam ke 7 sampai jam ke 10 dengan mata kuliah Peralatan Elektronika dan Elektronika 1..
Pada hari jumat ini saya bisa lebih santai untuk melakukan aktivitas, tetapi tetap saya tidak lupa untuk melakukan ibadah sholat jumat semana mestinya yang dilakukan oleh orang muslim. Pada hari ini saya hanya akan memulai aktifitas praktikum SI (Sistem Informasi Aljabar Linier) pada jam ke 9 sampai jam ke 10.
Selanjutnya hari sabtu,saya memulai aktifitas perkuliahan pada jam ke 1 sampai jam ke 3 yaitu Praktikum Elektronika Dasar 1 . Setelah menyelesaikan praktikum biasanya saya langsung menuju Sekretariat HMTK untuk membahas masalah proyek praktikum eldas dan mengerjakan beberapa tugas kuliah lainnya pada jam ke 5 sampai jam ke 11 . Dan setelah itu saya pulang kerumah untuk istirahat sejenak dan melanjutkan aktifas mingguan saya yaitu bermain futsal pada jam ke 13 sampai jam ke 14.
Pada Aktifitas harii minggu saya lebih sering melakukan aktifitas rumah dan beristirahat, dan biasanya pada jam ke 1,2,3,4,5,6,7 saya melakukan aktifitas bermain game online diwarnet untuk melepas kepenatan dari aktifitas perkuliahan seminggu penuh.


Tabel Manajemen Resiko

Keterangan :
Warna Merah : Terlaksana dengan baik.
Warna Biru Muda : Tidak terlaksana karena dosen tidak masuk pada saat itu.
Warna Kuning : Tidak terlaksana karena merupakan pelajaran softskill.
Warna Hijau tua : Tidak terlaksana karena saya mengurus proposal PKM.

 Hampir sama rutinitas saya selama tiga minggu belakangan ini ,tetapi ada beberapa kegiatan yang tidak saya laksanakan. Minggu ke 1 semua kegiatan berjalan dengan lancar .Selanjutnya pada minggu ke 2 ada mata kuliah yang tidak saya ikutin yaitu mata kuliah manajemen proyek resiko karena mata kuliah ini adalah mata kuliah soffskill jadi hanya melakukan tatap muka dengan dosen sebulan sekali, lalu ada mata kuliah Peralatan Elektronika dan Elektronika 1 yang tidak saya laksanakan dikarenakan saya sedang mengurus propsal PKM di kampus D Universitas Gunadarma. Pada minggu ketiga pun masih ada mata kuliah softskill dan pada saat memasuki mata kuliah Rangkaian Listrik dan Sistem Linier dosen tidak datang dikarenakan suatu halangan maka proses perkuliahanpun tidak berjalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar