BAB III
Macam-macam Perawatan Komputer dan Jaringan
A.
Macam-macam perawatan :
1. System Back-up (membuat
salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang ada pada komputer, dan
back-up copy diserahkan ke pelanggan untuk disimpan ditempat yang aman).
2. System Optimization
(defragmentasi data, membuang sampah-sampah yang ada pada komputer, memperbaiki
kesalahan setting).
3. System Rebuild (membangun dan
menata ulang kembali sistem yang rusak oleh faktor yang tidak disengaja, supaya
sistem dapat bekerja kembali seperti semula).
4. System
Upgrade (menambah fungsi, memperbaharui sistem yang ada sesuai dengan
permintaan pelanggan, testing stabilitas untuk hardware dan software sebelum
pemasangan).
5.
Pembersihan Virus (melacak dan membersihkan virus dari komputer dan jaringan).
6.
System/Network Instalation (Melakukan Instalasi komputer dan Jaringan).
7. Penyelesaian Darurat
(menyediakan personil untuk segera bertindak dalam waktu singkat, supaya sistem
dapat bekerja kembali seperti semula).
8. Perawatan
Hardware Komputer (merawat hardware komputer, membersihkan komputer, mengurangi
kerusakan pada hardware).
B. Prosedur
Perawatan komputer dan Jaringan
1. Permintaan
item perawatan (8 item standar yang tertera) melalui:
a. Telepon : 021-12345678
a. Telepon : 021-12345678
b. Fax :
021-12345678
c. E-mail
: planktonz.stallone@gmail.com
WEB :
classique69.blogspot.com
2. Special
case, teknisi menganalisa dan membuatkan formulir maintenance:
a. Cek ulang item maintenance
a. Cek ulang item maintenance
b. Peninjauan
ke lapangan
3. Sales
membuat penawaran tentang point perawatan/perbaikan dan di fax ke customer.
a. Konfirmasi persetujuan dari Customer
a. Konfirmasi persetujuan dari Customer
b. Pekerjaan
teknisi ke lapangan di tempat customer
c.
Penyelesaian dan pengecekan bersama oleh kedua pihak
d.
Persetujuan hasil kerja dan paraf pada formulir perawatan
e. Kasus
selesai
4. Standar
Harga perawatan dan perbaikan komputer (Penanganan per Kasus)
Point service
dihitung berdasarkan Kasus per Unit.
1 point
service = Rp. 50.000,-
C. Daftar
point service untuk item perawatan komputer dan jaringan :
1. System
back-up 1 Komputer PC – 2 point
2. System
optimization 1 Komputer PC – 2 point
3. System
rebuild 1 Komputer PC / 1 server – 2 point / 5 point
4. System
upgrade 1 Komputer PC – 1 point
5. Scan/Clean
Virus 1 Komputer PC – 1 point
6.
System/Network Installation 1 Komputer PC – 2 point
7. Perbaikan
darurat 1 Komputer PC – 2 point
8. Perawatan
dan perbaikan hardware 1 Komputer PC / Printer – 2 point
D.1 Estimasi
dan perhitungan harga
Customer
memberikan response tentang item service yang diperlukan, dan setelah melalui
analisa oleh teknisi professional, maka dibuatkan formulir perawatan yang
berisi item-item yang perlu sesuai kebutuhan.
D.2 Cara
Pembayaran
Setelah
perawatan dan perbaikan selesai dikerjakan, customer akan memeriksa bersama-sama
semua fungsi dengan teknisi yang menangani, dan membayar secara cash (atau cara
pembayaran yang disepakati bersama).
D.3 Target
Layanan Perawatan dan Perbaikan Komputer Jaringan:
1. Menjalin
keja sama yang baik dengan customer dan pembagian kemampuan berdasarkan
professi masing-masing.
2. Pengerjaan
secara cepat dan hasil layanan yang memuaskan.
3. Bekembang
bersama customer.
4.
Menggunakan sumber daya manusia secara effisien.
5. Komputerisasi
dan ketergantungan pada komputer dimasa mendatang.
D.4 Standar
Harga Pengantian Komponen yang Rusak
Kerusakan
Hardware
a. Hardware
yang disuplai dari Sys-Net Komputer semuanya bergaransi 1 tahun, dan bebas dari
biaya perbaikan dan pemasangan, kecuali oleh kerusakkan yang disengaja, bencana
alam, perang ataupun huru-hara.
b. Bila
hardware berasal dari supplier lain atau diluar masa garansi, maka pemasangan
akan dikenakan biaya Sistem Upgrade ( 1 Point Service )
Semua standar
harga diatas, baru berlaku setelah melalui perkiraan harga, dan penawaran
dengan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak.
Demikian
proposal kontrak perawatan dibuat dengan perhitungan yang matang, demi
kelancaran dan sistem komputer yang sudah terpasang.
Harga dapat
berubah-ubah sesuai kondisi yang ada tanpa permberitahuan terlebih dahulu.
Demikianlah.
Kami berharap akan adanya tindak lanjut dan kerjasama tersebut. Atas
perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Daftar Pustaka :
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar