Minggu, 12 Mei 2013

Proposal Perawatan Komputer dan Jaringan

BAB I
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Sebuah sistem informasi yang lengkap terdiri dari infrastruktur jaringan, hardware, software aplikasi, dan WEB. Dimana komponen-komponen tersebut saling melengkapi dan saling mendukung dalam menjalankan sebuah perusahaan. Infrastruktur jaringan meliputi sistem transmisi data baik secara nirkabel, maupun secara konvensional dengan kabel data. Serta peralatan jaringan di sisi LAN dan WAN seperti switch, router, modem, dll. Hardware meliputi komputer (PC), notebook, dan server, berikut dengan peripheral lainya seperti printer, scanner, dan lain-lain. Software meliputi Sistem operasi di komputer dan server, seperti Windows XP, Linux, Windows 2000 Server, dan lain-lain. Serta software aplikasi umum(Office, Autocad, Visio, Email, Internet Explorer, dan lain-lain). Dan software aplikasi khusus yang dikembangkan sendiri sebagai penunjang bisnis utama perusahaan. Setelah sistem tersebut jadi dan siap digunakan, maka tugas selanjutnya bagi divisi teknologi informasi perusahaan adalah memelihara sistem tersebut agar selalu berjalan baik. Dimana secara rutin harus dilakukan pengecekan kondisi server beserta software aplikasi, pengecekan media transmisi data (sistem pengkabelan). Dan yang paling sering adalah melayani user-user untuk mengatasi masalah yang terjadi di PC mereka masing-masing baik di sisi hardware maupun softwarenya. Seperti PC yang terkena virus, tidak bisa koneksi ke internet, printer yang rusak dan lain-lain. Hal ini menunjukan bahwa pemeliharaan sistem informasi (maintenance) adalah hal yang penting untuk dilakukan demi menunjang kelancaran proses kerja di sebuah perusahaan.

1.2. Tujuan

1.  Menjaga kelancaran pengoperasian komputer beserta jaringannya; Banyak sekali masalah timbul dari kesalahan pengoperasian atau kurangnya pelatihan, pengetahuan dan pengenalan terhadap komputer yang akan menghambat kelancaran dari kerja komputer. Dalam hal ini, perlu perawatan, dan penyelesaian masalah berhubungan dengan kerusakan baik hardware maupun software ataupun kesalahan dalam pengoperasian.
2. Mengoperasikan komputer yang Baik dan Benar; Menuntun pemakai untuk dapat memakai dan mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
3. Menjaga supaya data-data penting perusahaan tidak hilang; Mem-backup data penting perusahaan secara rutin dalam kurun waktu tertentu.
4. Menghemat anggaran belanja untuk Komputerisasi;Mengikuti prosedur paket perawatan jaringan komputer secara professional, memungkinkan komputer pelanggan bekerja lebih optimal walau dengan sumber daya hardware yang terbatas.
5. Meningkatkan efisiensi kerja; Menerapkan komputerisasi untuk proses kerja, sehingga effisiensi kerja akan meningkat.

1.3. Batasan Masalah 
Dalam penulisan proposal ini maka kami membatasi pembahasan masalah yang ada yaitu :
1. Perancangan jaringan dengan menggunakan metode jaringan Local Area Network.
2. Perancangan dan pembuatan jarignan dengan topologi yang  tepat. 
3. Memprogram computer agar dapat digunakan untuk sharing data dan printer.
4. Merawat computer agar meminimalisir biaya dalam pembelian komputer


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Apa itu jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputerdan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Ø  Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printerCPU,memoriharddisk
Ø  Komunikasi: contohnya surat elektronikinstant messagingchatting
Ø  Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

2.2. Klasifikasi Berdasarkan skala :
Ø  Local Area Network (LAN)
Ø  Metropolitant Area Network (MAN)
Ø  Wide Area Network (WAN)
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
Ø  Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain sepertihttp://www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Ø  Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

2.3. Berdasarkan topologi jaringan : Berdasarkan [topologi jaringan], jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Ø  Topologi bus
Ø  Topologi bintang
Ø  Topologi cincin




Daftar pustaka :


2 komentar:

  1. terimakasih gambaran proposalnya, pas banget lagi butuh.

    best regards,
    http://blog.jodybaharizki.com

    BalasHapus